Cara Perawatan Vanili Yang Benar Untuk Hasil Maksimal

Vanili adalah emas hijau bagi para petani saat ini. Banyak para petani saat ini mengembangkan budidaya vanili dengan berbagai metode penanaman. Baik dengan cara tradisonal hingga cara yang modern dengan menggunakan lahan yang terbatas atau sempit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu adanya cara perawatan vanili yang benar untuk hasil maksimal yaitu batang dan buah yang tergolong kategori sehat untuk harga yang maksimal (mahal).

Berikut ini admin bertaniyok akan memberikan sebuah tips dan trik Cara Perawatan Vanili Yang Benar Untuk Hasil Maksimal. Ada beberapa tahapan yang sngat penting di perhatikan dalam merawatan tanama vanili ini. Merawat vanili memanglah agak susah-susah mudah. Hanya perlu adanya kebiasaan yang kontinyuitas dalam hal pengecekan kesehatan batang dan buah nantinya.

Cara Perawatan Vanili Yang Benar Untuk Hasil Maksimal
Gbr. Google Image : Cara mengawinkan bunga vanili


Tahapan Cara Perawatan Vanili Yang Benar


Pemupukan Yang Benar 


Setelah ditanam kurang lebih tiga bulan maka sulur vanili akan tumbuh panjang kurang lebih sekitar 40cm hingga 50cm. Sulur ini lah yang nantinya akan menjadi batang vanili yang siap berbunga dan berbuah.

Pemupukan bisa menggunakan pupuk semprot atau juga bisa menggunakan pupuk organik. Untuk jenis pupuk organik yang perlu diperhatikan adalah dosisnya harus 10 hingga 15 kg perbatang per tahunnya. Pemupukan ini wajib dilakukan setiap setahun sekali agar vanili tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Untuk jenis pupuk organik yang paling cepat diserap oleh vanili adalah jenis kotoran unggas (ayam dll), berbeda dengan pupuk orgaik yang berasal dari kotoran sapi atau kambing, jenis ini relatif membutuhkan waktu agak lama yaaitu setelah kotoran tersebut hancur.


Pengendalian Hama


Dalam hal hama, vanili biasanya diserang oleh Cendawan (Fungi, Jamur) yang menempel pada batang yang mengakibatkan batang busuk dan kering. Untuk hamma selain jamur yang sangat sering di temui adalah bekicot (siput).



Untuk membasmi bekicot ini sangat lah mudah, Sahabat bisa menggunakan bawang putih dengan cara ambil beberapa siung bawang putih lalu hancurkan kasar. Setelah itu campur dengan air  dan rendam selama beberapa jam. Gunakan hasil rendaman tersebut dengan cara menyemprotkan kebatang vanili.

Penyerbukan Bunga Vanili


Vanili akan mulai berbunga setelah batang berusia kurang lebih 3 tahun. Pada saat bunga sudah mekar maka perlu adanya penyerbukan. Penyyerbukan yang masimal bisa dilakukan dengan cara menempelkan putik dan bungasari dengan cara manual. 

Cara Perawatan Vanili Yang Benar Untuk Hasil Maksimal
Gbr. Google Image ; Proses Penyerbukan 


Penyerbukan harus di lakukan pagi hari muali dari jam 5 pagi hingga jam 7:30 pagi. sebab jika sudah melewati jam tersebut bungan akan layu, Sehingga akan menghambat proses penyerbukan secara manual. Penyerbukan secara manual ini wajib di lakukan setiap hari hingga masa berbunga selesai.


Perawatan Tajar Hidup


Tajar hidup biasanya menggunakan pohon dadap dan juga mlanding (lamtoro). Pemangkasan atau ngranting pohon sangatlah wajib dilakukan guna mengurangi kerimbunan daun agar sinar matahari bisa menyinari batang vanili.

Sirkulasi udara dan adanya sinar matahari langsung sangat di butuhkan guna mendapatkan batang vanili yang sehat dan juga buah yang maksimal. Dalam hal pemangkasan jangan sampi habis karena batang vanili tak boleh terlalu lama mendapatkan sengatan langsung sinar matahari.

Jika sudah saatnya panen lakukan dengan cara yang baik dan benar. Sebab cara memanen vanili yang benar akan menunjang produksi setalah paska buah selanjutnya.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan sehingga panen vanili memuaskan. Silahkan baca artikel lainnya di bertaniyuk untuk bahan rekomendasi baertani anda.

0 komentar