Cara Memilih Cengkeh Berkualitas Tinggi

Cengkeh pertama kali dipopulerkan di tiongkok. kemudian tersebar di wilayah arab dan ketika portugis datang dan menguasai perdagangan, cengkeh dibawa portugis ke spanyol dank e berbagai negara di eropa, hingga kemudian sampai lah cengkeh tersebut ke maluku. dari situlah kemudian cengkeh menjadi salah satu rempah yang banyak dijumpai di indonesia hingga saat ini. tanaman ini hanya bisa tumbuh di tanah yang subur dengan iklim yang sedang, tetapi bisa juga di pegunungan daerah tropis.

Memilih bibit cengkeh yang baik sangat perlu sekali karena sangat menunjang pertumbuhan bibit cengkeh tersebut dan hasil cengkeh yang maksimal , Di sini saya berbagi ilmu mengenai bibit cengkeh. Untuk memilih bibit cengkeh yang baik sebaiknya kita benar-benar tau dari biji yang berkualitas serta teknik penyemaian dan perawatan yang tepat.

Cara Memilih Cengkeh Berkualitas Tinggi


Memilih Bibit Cengkeh Yang Baik


Perlu di ketahui dulu kebanyakan masyarakat daerah kami budi daya bibit cengkeh ada dua jenis yaitu cengkeh zanzibar dan cengkeh ambon, semua kualitas baik tergantung individu lebih suka yang mana , Sebagai ciri cengkeh zanzibar berbatang merah, bertangkai merah , sedangkan cengkeh ambon batang dan tangakai berwarna ijo,

Dilihat dari awal lagi penyemaian bibit cengkeh sebaiknya di tempat yang teduh karena bibit cengkeh kurang tahan terhadap suhu udara panas , untuk proses perawatan sebaiknya pemupukan di lakukan maksimal 1 - 1,5 bulan sekali dan penyemprotan sebaiknya 1 bulan sekali

Dari hasil inilah maka kita akan tau bagaimana bibit cengkeh yang baik , pada intinya bibit cengkeh yang baik batang yang lurus dan kokoh , daun yang lebar serta kelihatan basah , sudah bercabang dalam ukuran polibek tinggi 40-50 cm , tidak ada penyakit. 

Bibit Cengkeh Zanzibar Memiliki Ciri - Ciri :

  • Pucuknya berwarna merah muda sampai merahagak hijau
  • Daun yang tua permukaannya berwarna hijau tua , mengkilap dan licin
  • Jumlah bunga tiap tros rata rata 11 s/d 30 biji
  • Jika sudah pada masa petik , warna bunga agak kemerahan.

Cengkeh merupakan salah satu tanaman herbal abadi yang berbentuk kecil. tanaman ini juga merupakan jenis tanaman tahunan, dua tahunan, dan tanaman yang berusia pendek.

Cara Memilih Cengkeh Berkualitas Tinggi

Sebenarnya, cirri-ciri tanaman cengkeh berbeda-beda karena cengkeh merupakan tanaman yang memiliki spesies yang sangat banyak, dan masing-masing spesies cengkeh memiliki cirinya masing-masing. akan tetapi, secara umum cirri-ciri cengkeh dapat diketahui, seperti jenis daun trifoliate yang biasanya terdiri dari 5-7 biji daun tertutup, memiliki stipula adnate yang merajut ke tangkai daun, dan memiliki kepala bunga dengan ukuran kecil berwarna merah, ungu, putih, atau kuning.

Jenis-Jenis Cengkeh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cengkeh memiliki banyak jenis, tetapi jenis cengkeh yang paling utama hanya ada tiga, yaitu;

Cengkeh Putih

adalah jenis cengkeh yang memiliki warna daun kekuningan, cabang yang pertama kali muncul biasanya akan cepat mati, tetapi akan muncul cabang yang baru pada ukuran sekitar 1-2 meter. memiliki bentuk bundar dengan daun dan cabang yang tidak begitu rindang, dan memiliki 16 kuntum bunga.

Cengkeh Katak

Adalah jenis cengkeh dengan warna daun yang hijau kekuning-kuningan, mengkilap, dan cenderung licin. memiliki tandan bunga sekitar 20 hingga 50 kuntum. cengkeh katak merupakan cengkeh yang paling mudah beradaptasi terhadap lingkungan manapun dibandingkan dengan jenis cengkeh lainnya.

Cengkeh Zanzibar

Adalah jenis cengkeh yang memiliki daun yang sangat rimbun, tingginya sangat rendah hal ini terbukti dari jarak antara cabang pohon dengan tanah terbilang dekat. daun cengkeh ini biasanya berwarna merah muda ketika masih muda dan akan berubah warna menjadi hijau tua ketika sudah tua. memiliki tangkai yang panjang dan kuntum pada cabang bunga ketika matang mencapai 50 buah.

Cara Memilih Cengkeh Berkualitas Tinggi
Cengkeh Zanzibar

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat cengkeh pun bermacam-macam. di antara manfaatnya adalah manfaat untuk kesehatan. di dunia kesehatan, cengkeh disebut-sebut mampu mengobati berbagai penyakit,,seperti :
  • Sakit gigi
  • Sinusitis
  • Mual
  • Muntah
  • Kembung
  • Masuk angin
  • Sakit kepala,
  • Radang lambung
  • Batuk
  • Terlambat haid
  • Rematik
  • Campak.

tanaman cengkeh juga ternyata memiliki sifat antiseptic dan analgesik.


0 komentar