Cara Mengawinkan Bunga Vanili Yang Benar

Vanili saat ini mengalami ke-Emasannya, sebab harga vanili saat ini mencapai jutaan rupiah per-kilogramnya. Vanili adalah spesies anggrek yang cara perawatannya bukan lah mudah dan tidak pula sulit. Jika kita menekuni maka cara perawatan vanili ini akan tergolong mudah.


Berikut ini kita akan membahas bagaimana cara penyerbukan atau biasa di kenal dalam masyarakat yaitu mengawinkan bunga vanili. Kenapa hal ini harus dilakukan ? Apakah jika tidak dikawinkan vanili tidak berbuah?

Jawababannya adalah agar buah vanili berkembang dengan maksimal, bukan berarti jika tidak di kawinkan tidak berbuah akan tetapi ini dilakukan agar buah vanili besarnya bisa maksimal sesuai dengan harapan kita, Sehingga panen nya pun sesuai dengan harapan kita.

CARA MENGAWINKAN BUNGA VANILI

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengawinkan bunga vanili adalah sebagai berikut :
  • Gunakan potongan bambu atau lidi yang mempunyai ukuran kira-kira 11 cm. Potongan bambu atau lidi ini digunakan untuk melakukan pengawinan bunga vanili 
  • Selanjutnya, tangan kiri memegang bunga sedemikian rupa sehingga kedua mahkota bunga yang paling belakang berada diantara jari tengah dan jari telunjuk, sedangkan bagian belakang dari tangkai putik dan benang sari tersandar pada jari telunjuk. 
  • Sedangkan, tangan kanan memegang potongan bambu atau lidi. Dengan alat ini mula-mula bibir bunga dirobek hingga tangkai putik kelihatan, kemudian tutupnya diangkat hingga kepala benang sari turut terangkat. 
  • Dengan ujung bambu atau lidi tepng sari diambil dan diletakkan pada kepla putik dengan ditekan sedikit atau dengan ibu jari tangan kiri, kepala benang sarinya dapat pula ditekankan kearah kepala putik, sehingga serbuk sari keluar dan menempel pada kepala putik. 
  • Saat mekarnya bunga sekitar 24 jam, dan penyerbukan dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 08.00 – 10.00, serta bunga sudah kering dari embun. 
  • Sesudah 2 atau 3 jam penyerbukan atau perkawinan silang oleh manusia maka nampaklah hasil pembuahan ini dengan terlihatnya mahkota bunga yang telah layu ( dan diikuti dengan membesarnya buah panili ) maka berhasillah penyerbukan / perkawinan ini. 
  • Sebuah tandan bunga pada umumnya terdiri dari 12 – 15 kuntum bunga. Penyerbukan sebaiknya dilakukan pada bunga terbawah yang lebih dulu terbuka., dan pada saat itu bunga yang terbuka bersamaan dalam satu tandan tidak lebih dari 2 – 3 bunga kuntum. 

CARA PEMELIHARAAN BUAH VANILI


  • Pelihara bunga-bunga yang telah mulai menjadi buah, keberhasilnya tergantung pada kesuburan dan pertumbuhan tanaman, untuk memperoleh buah panili yang baik dan panjang. 
  • Kerapatan buah harus diperhatikan dimana perlu dilakukan penjarangan buah dengan membuang buah-buah yang kurang baik pertumbuhannya atau buah yang terkena penyakit. 
  • Untuk setiap tandan dapat dipelihara 8 – 12 buah, dengan maksud agar diperoleh buah-buah panili yang baik dan panjang. Buah panili harganya ditentukan oleh panjangnya buahDalam dunia pertanian banyak kita temui para petani yang msih menggunakan cara cara budidaya atau bercocok tanam dengan sistim lama , sedangkan saat ini kita mesti pandai sebab sudah banyak teknologi tanam yang mesti kita tahu dan pahami agar hasil panen nya dapat maksimal sesuai harapan kita. 
Dalam hal menanam panili tak hanya cara menanam atau penyerbukan saja yang perlu diperhatikan, cara memanen vanili pun wajib di ketahui agar tanaman vanili bisa tetap menghasilkan buah yang berkualitas super.

0 komentar