Jenis Tanaman Hias Indoor Dan Outdoor Terlaris

Tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. Bunga potong pun dapat dimasukkan sebagai tanaman hias. 

Dalam konteks umum, tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura. Bagian yang dimanfaatkan orang tidak semata bunga, tetapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini. Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan dapat menjadi komponen yang dimanfaatkan. Sebagai contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar dapat diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan dapat menjadikannya sebagai tanaman hias.

Dalam arsitektur lansekap, bentuk dan penempatan tanaman hias menjadi pertimbangan yang penting. Isu lainnya yang penting dalam tanaman hias adalah habitat alami yang disukai tumbuhan tersebut serta bentuk tajuk yang dimilikinya. Dalam pengertian ini, tanaman hias dapat mencakup pula tanaman tepi jalan serta tanaman penaung (di ruang terbuka).

Karena tanaman hias dikelompokkan berdasarkan fungsinya, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu tanaman sayuran, tanaman obat, atau tanaman buah menjadi tanaman hias, atau sebaliknya.

Macam-macam tanaman hias outdoor

Sirih Gading

Sirih gading merupakan tanaman hias gantung yang sangat cocok untuk indoor atau di dalam ruangan. Batang tanaman ini menyerupai tanaman merambat dengan daun-daunnya yang berbentuk lebar disertai dengan corak-corak putih. Tanamanya yang dikenal juga dengan nama Pothos ini merupakan jenis tanaman yang dapat bertahan hidup pada temperature dingin dan sedikit cahaya matahari. Tanaman ini akan tambah cantik lagi jika ditanam pada pot gantung sehingga daunnya yang merambat akan menjuntai ke bawah. Selain itu daun dari sirih gading ini ternyata mampu menyerap racun-racun dari berbagai polutan di udara. Anda djuga dapat meggantung tanaman ini di koridor atau teras rumah anda tapi jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

Heart Leaf Philodendron

Sesuai namanya tanaman HeartLeaf Philodendron ini memiliki bentuk daun menyerupai hati. Jenisnya yang merambat, maka tanaman ini sangat cantik apabila ditanam pada pot bergantung sehingga daunnya yang merambat akan jatuh dan menjuntai. Daun dari Heart Leaf Philodendron ini beracun karena daunnay memiliki daya serap yang tinggi terhadap polutan-polutan di udara. Nah, tanaman berbentuk hati ini sangat cocok untuk digantung di dekat jendela kamar anda agar menampilkan suasana yang segar.

Spider Plant

Tanaman laba-laba ini terbilang unik karena memiliki daun-daun yang panjang dan menjuntai ke bawah seperti kaki laba-laba. Spider plant ini memiliki warna daun yang terdapat corak putih atau kuning sehingga membuatnya sangat cantik. Salah satu kelebihan spider plant ini yaitu memiliki daya serap yang sangat tinggi terhadap racun-racun di udara. Jadi spider plant ini cocok sekali untuk di simpan pada pot bergantung di teras rumah anda.

Begonia

Tanaman hias gantung selanjutnya yaitu begonia. Begonia ini merupakan tanaman berbunga yang sangat cantik sehingga dapat membuat rumah atau kebun anda terlihat menarik. Kelopak dari bunga begonia ini hampir mirip dengan bunga mawar. Bunganya sendiri dapat tumbuh dari 6 sampa 9 inci. Untuk soal perawatan, begonia ini tidak terlalu sulit. Tanaman ini suka sekali dengan cahaya matahari langsung jadi sangat baik untuk diletakkan di luar ruangan. Tetapi apabila sedang musim kemarau, lebih baik begonia ini disimpan di tempat yang lebih teduh agar bunganya tidak mengering dan layu.

Geranium

Tanaman Geranium atau yang bernama lain pelargonimus merupakan salah sau tanaman hias gantung. Tanaman ini memiliki tangkai daun yang panjang dan berwarna gelap. Agar bunganya bisa mekar, tanaman ini membutuhkan waktu pencahayan 6 sampai 8 jam. Dengan bunganya yang cantik, tanaman ini tentu sangat cocok untuk disimpan pada pot yang bergantung. Pada siang hari, geranium memerlukan temperature 15-21 derajat celcius. Sehingga tanaman ini memang memiliki karakteristik yang cocok untuk ditanam di daerah dingin

Sweet Alyssum

Satu lagi tanaman berbunga yang sangat cantik untuk ditanam pada pot bergantung. Sweet alyssum ini merupakan jenis bunga yang berasal dari kawasan mediterania. Tampilan bunganya sangat cantik dan memiliki aneka warna seperti ungu, putih, pink, dan lainnya. Selain tampilannya yang cantik, bunga ini juga memiliki aroma yang sangat wangi dank has. Bentuk bunga sweet alyssum ini juga memiliki tampilan yang rapi. Tanaman hias yang satu ini sangat cocok ditanam pada tanah yang lembab. Oleh sebab itu anda harus rajin untuk menyiraminya. Selain itu tanaman ini juga tidak bisa terkena sinar matahari langsung.

Lobelia

Lobelia ini merupakan salah satu tanaman bunga yang memiliki bentuk kelopak bunga yang unik dan merupakan tanaman hias gantung. Sekilas bunga lobelia ini mirip seperti kupu-kupu. Rata-rata lobelia dapat tumbuh dari 3 sampai 5 inci. Namun ada juga yang tumbuh hingga 90 cm. Pada umumnya bunga lobelia ini memiliki warna ungu dan biru yang sangat pekat dengan corak putih kekuning-kuningan di tengahnya. Tanaman yang satu ini sangat menyukai sinar matahari yang penuh dengan tanah yang harus lembab tentunya.

Portulaca

Bagi anda pecinta bunga, tentu anda sudah tidak akan asing lagi dengan bentuk dari bunga ini. Bunga ini sering disebut juga dengan sun rose atau moss rose karena memang agak mirip dengan bunga mawar. Tanaman portulaca ini memiliki batang daun yang merambat sehingga cantik sekali apabila ditanam pada pot bergantung sehingga bunganya pun akan tumbuh menjuntai ke bawah. Terdapat berbagai varian warna seperti kuning, pink, ungu, biru, dan lain sebagainya. Portulaca sangat menyukai cahaya matahari langsung.

Macam-Macam Tanaman Hias Indoor

Selain Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik rumah anda, Berikut nya adalah Jenis Tanaman Hias Yang Juga bagus untuk mempercantik rumah anda Cocok Untuk Di letakan di dalam ruangan atau indoor yang mungkin dapat menjadi inspirasi untuk anda.

Spathiphyllum

Spathiphyllum Merupakan Tanaman hias yang direkomendasikan untuk menjadi salah satu koleksi tanaman indoor anda di rumah. engan tampilan daun berwarna hijau tua mengkilat dan terdapat bunga berwarna putihdengan kelopak berbentuk seperti daun. Hebatnya lagi bunga ini akan tetap tumbuh meskipun berada di dalam ruangan. Oleh karena itu Tanaman Ini juga dapat anda jadikan sebagai koleksi tanaman hias dalam ruangan anda.

Anggrek

Tanaman Anggrek yang satu ini memang merupakan Tanaman Hias yang sangat cantik. Anggrek ini memiliki banyak sekali jenisnya, Setiap jenis anggrek memiliki warna dan bentuk bunga yang beraneka ragam. Umumnya media tanam dari anggrek ini juga bermacam-macam seperti sabut kelapa, arang kayu, dan lain sebagainya. Yang jelas bukan tanah, ya! Perawatan anggrek ini memang agak sulit dimana anggrek tidak dapat tumbuh dengan baik apabila mendapat supply air yang berlebihan dan juga terkena sinar matahari langsung. Biasanya anggrek dapat ditanam di dalam pot, atau ditempelkan pada batang bohon.

Daun Bahagia

Tanaman Hias Daun Bahagia Sangat Terkenal Dengan Nama tanaman dieffenbachia Tanaman ini memiliki struktur daun yang cukup lebar, dengan daun yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Jenis tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias indoor, alias di dalam ruangan. Namun Perlu anda ketahui, Tanaman ini juga memerlukan matahari, maka sewaktu waktu agar Tanaman Dieffenbachia tetap terlihat cantik sempatkanlah untuk di keluarkan agar terkena sinar matahari.

Lili Paris

Tanaman Lili paris juga merupakan salah satu tanaman hias yang cocok untuk indoor. Memang sepintas tanaman ini agak mirip dengan spider plant. Namun bedanya lili paris ini memiliki corak warna putih di sepanjang pinggiran dedaunannya. Tanaman ini juga dapat ditanam dalam pot serta bisa ditanam dalam pot gantung sehingga akan mempercantik ruangan anda.

Bunga Bougainvillea

Sri Rejeki

Kaktus

Tanaman Hias kaktus Mempunyai Sedikit jenis dan bentuk yang beraneka ragam. Bentuk dan warnanya yang indah dan pastinya akan membuat penampilan Ruangan anda semakin menarik. Selain itu perawatannay juga tidak sulit. Anda tidak perlu sering-sering menyiram kaktus ini. Karena kaktus ini tidak akan tumbuh dengan baik dan cepat mati apabila keseringan disiram.

Lidah Mertua

Jenis tanaman ini mampu hidup dengan sedikit air dalam ruangan yang minim cahaya matahari. Perawatan nya mudah, Gampang dan Indah.

Krisan (Chrysanthemum)


Tanaman hias yang satu ini sangat populer karena warna dan bentuknya yang beragam. Selain mempercantik ruangan Chrysanthemum juga efektif menyerap Benzena, semacam zat berbahaya penyebab penyakit kanker. Benzena sendiri banyak terdapat pada produk-produk rumah tangga seperti cat dan sabun detergent. Disisi lain bunga Krisan yang berwarna-warni sering dianggap lambang kesetiaan, sukacita dan kesetiaan.

Gerbera Daisy

Gerbera Daisy termasuk jenis tanaman hias dari kelompok Asteraceae. Tanaman indah ini memiliki lebih dari 2000 kultivar dengan bentuk yang bervariasi. Warna-warni Gerbera Daisy seperti merah jambu, ungu, merah dan putih semakin menekankan bahwa bunga ini memiliki keindahan yang luar biasa. Selain terkenal dengan keindahannya Gerbera Daisy juga disebut tanaman hias menyehatkan karena mampu menyaring udara menjadi lebih bersih. Satu lagi, tanaman ini sanggup menyingkirkan microgram polutan yang terdapat dalam ruangan.

0 komentar