Begini Cara Memelihara Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Salah satu komoditas perikanan air tawar yang cukup menjanjikan prospeknya adalah budidaya ikan nila. Kebutuhan ikan nila yang cukup tinggi di pasaran khususnya untuk segmen rumah makan dan restoran menjadikan para peternak ikan sangat bergairah untuk berbudidaya ikan nila. Ikan nila memiliki rasa dan tekstur daging yang khas sehingga sangat cocok untuk dimasak dengan berbagai cara. 

Begini Cara Memelihara Ikan Nila Supaya Cepat Besar


Persiapan Kolam.

Jenis kolam yang ideal untuk pemeliharaan ikan nila yaitu kolam tanah dengan jenis tanah bertekstur liat atau liat berpasir. Kedalaman kolam sebaiknya berkisar antara 0,5-1 m. Kedalaman ini berperan dalam menentukan tingkat kesuburan kolam

dimana kedalaman kolam berpengaruh pada masuknya sinar matahari yang berperan pada proses fotosintesis sehingga menyebabkan tersedianya makanan alami bagi ikan di dalam kolam. Pada kolam sebaiknya memiliki saluran pemasukan dan pengeluaran air. Hal ini penting dalam mengatur sirkulasi air di kolam.

Budiaya ikan nila yang cepat besar sangat menguntungkan para pembudidaya. Banyak pembudidaya yang menginginkan cara agar ikan nila panen dalam waktu 4 bulan.  Sebenarnya cara itu bisa dilakukan. Mengingat banyak kemajuan dibidang peternakan. Maka hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan. Namun cara yang baik budidaya ikan nila menjadi sarat mutlak agar ikan nila cepat besar dan dapat panen dalam 4 bulan.

Ada dua cara yang bisa dilakukan oleh petani. Yaitu :

1. Memelihara Dengan Sistem Monosex

Istilah monosex adalah pemeliharaan ikan hanya dengan satu jenis kelamin saja. Baik betina maupun jantan. Dan bertujuan untuk mempercepat atau memperbesar keberhasilan budidaya ikan nila.

Untuk ikan nila, jenis kelamin yang banyak dipakai dalam sistem monosex adalah ikan yang berjenis kelamin jantan. Hal ini dikarenakan ikan nila jantan lebih cepat pertumbuhannnya dibanding dengan ikan betina karena ikan nila jantan lebih berfokus pada pertumbuhan bukan pada perkembangbiak-kan seperti ikan nila betina.

Namun untuk masalah pakan tetap sama saja. Tidak ada yang membedakan. Tetap seperti rumus awal yaitu 10% dari berat bobot ikan. Selain bisa membeli ketempat balai budidaya. Ikan nila homosex berkelamin jantan bisa dibuat sendiri, yaitu dengan menambahkan hormon metiltestosteron pada larva ikan nila. 

Dosisi pemberiannya cukup 2 mg per 1000 larva ikan.  Sedangkan tingkat keberhasilan mencapai 90%. Sangat mudah bukan.

Dengan teknik monosex maka ikan nila dapat dipanen hanya dalam waktu 4 bulan saja. Dengan kisaran bobot mencapai 400 sampai 550 gram per ekor. Tentu dengan hasil seperti itu akan menambah keuntungan bagi para pembudidaya.

2. Memotong Sirip Ekor Ikan

Cara yang kedua bisa dibilang cukup ekstrim yaitu dengan memotong bagian sirip ekor dari ikan nila tersebut. Namun walaupun terdengar asing, cara ini terbukti mampu mempercepat pertumbuhan ikan nila. 

Begini Cara Memelihara Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Seperti penelitian yang telah dilakukan oleh salah satu dosen di Universita Gorontalo yang bernama Margaretha Solang. Hasilnya cukup mengejutkan. Dalam 3 bulan saja ikan mampu memiliki bobot sampai 300 gram per ekor. 

Cara pemotongannya cukup mudah, hanya membutuhkan gunting yang tajam sebagai alat potong dan juga jaring untuk mengumpulkan ikan.

Langkah-langkahnya :

● Kumpulkan ikan nila dengan jaring

● Ambil ikan lalu potong sirip ekor maksimal hanya 2 cm 

● Lepaskan kembali ikan nila kedalam kolam.

Cukup mudah bukan ?

Hanya dengan 3 cara diatas para pembudidaya ikan nila sudah bisa membuat ikan nila cepat besar dan mampu panen lebih cepat. Dalam proses ini tidak ada pertambahan hormon apapun. Murni hanya pemotongan sirip ekor saja. Sirip ekor bisa dipotong saat ikan berumur 1 bulan dihitung dari penebaran didalam kolam. Dan akan terlihat setelah 1,5 bulan.

Yang perlu diperhatikan dalam pemotongan adalah alat potong atau gunting yang steril. Dan juga pemotongan yang tak lebih dari 2 cm. Bila lebih dari 2 cm dikhawatirkan ikan akan terluka karena infeksi.

Itulah cara agar ikan nila cepat besar. Namun semua itu juga dipengaruhi oleh kualitas teknik pemeliharaan dan juga kolam tempat ikan itu sendiri. Pakan juga sangat berpengaruh, walaupun pakan untuk ikan nila tergolong sangat mudah.


0 komentar